Senin, 21 Januari 2013

JENIS-JENIS NARKOBA DAN BERBAGAI MACAM EFEKNYA


Bicara tentang narkoba dan sejenisnya memang tidak akan pernah ada habisnya.
Kurangnya komunikasi dan penyuluhan tentang narkoba menimbulkan banyak korban.
Korban-korban yang paling banyak terkena siapa lagi kalau bukan generasi muda.
Meski mereka sebagian besar sebenarnya sudah pada mengetahui bahwa efek dan dampaknya sangat membahayakan, tetapi para pengguna merasakan sensasi yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba justru membuat mereka para pengguna makin penasaran dan mulai bereksperimen.
Tapi yah.. namanya manusia, kalau dilarang malah makin menjadi.
Contohnya aja para artis generasi muda yang ada di dalam dan luar negeri yang sudah jadi korbannya, diantaranya adalah pertama artis luar negri yang mungkin banyak cewek ngefans sama dia,
dia adalah Macaulay Culkin, dia dulunya adalah artis cilik pemeran Home Alone yang imut dan lucu tapi dewasanya dia sempat tertangkap basah saat membawa 17 gram marijuana dan beberapa pil obat penenang di tahun 2004, meski gak sampai di penajara tapi Mac dianjurkan untuk mengikuti konseling narkoba.
Ada lagi Kelly Osbourne anaknya Ozy Osbourne, dia mengaku sudah bereksperimen dengan alkohol dan narkoba sejak usia 13 tahun. Setelah keluar masuk rehab, akhirnya Kelly mengaku sudah bebas dari jeratan narkoba.
dan artis Indonesia yaitu Sheila Marcia yang di tahun 2008 lalu, Sheila tertangkap sedang berpesta shabu-shabu bareng beberapa temannya di sebuah apartemen dan akhirnya pun dia masuk penjara.

Oke… itu sudah cukup bukti bahwa narkoba itu banyak dampak negatifnya bukan dampak positif yang kita dapat. Masih kurang bukti..??

Oke, sekarang kita kenalan sama macam-macam atau jenis-jenis dari narkoba itu sendiri :

1.NARKOTIKA : zat atau obat tanaman atau bukan tanaman, sintesis/semi sintesis yang bisa menimbulkan pengaruh memabukkan dan kecanduan bagi penggunanya.

2.PSIKOTROPIKA : obat-obatan alamiah/ sintetis yang mempengaruhi kerja susunan syaraf dan bisa menyebabkan ketergantungan. Psikotropika dibaki ke dalam tiga kelompok, yaitu:
-DEPRESSAN mengendurkan atau mengurangi aktivitas susunan syaraf pusat. Contoh: pil BK, rohypnol, valium.
-STIMULAN mengaktifkan susunan kerja syaraf, antara lain amphetamine, kokain, dan ecstasy.
-HALUSINOGEN menimbulkan efek halusinasimatau khayalan, contohnya LSD, mushrooms.

3.ZAT ADIKTIF : bahan / zat kimia yang memberikan pengaruh tertentu dan dapat menyebabkan kecanduan, contohnya alcohol, rokok, inhalansia.


BERIKUT ADALAH KAMUS ATAU JENIS-JENIS NARKOTIKA DAN SEMACAMNYA :

ALKOHOL -> bentuk : bir, wine, liqour, dan minuman keras lainnya.
Efek: mengurangi aktifitas otak dan system syaraf. Tubuh terasa santai, menyebabkan respon tubuh jadi melambat. Kalau dikonsumsi berlebihan bisa membuat seseorang merasa nyaman dan gampang bersosialisasi. Dampak panjang: bisa menyebabkan kecanduan, kerusakan hati dan otak, hilangnya daya ingat, jantung dan darah menjadi nggak stabil, kanker hati dan usus, hingga kercunan alcohol yang menyebabkan kematian.

ECSTASY -> alias : E, XTC, inex. Bentuk : pil.
Efek : setelah 20-60 menit penggunaan akan merasa seakan-akan tubuhnya melayang, diiringi mulut terasa kering , rahang terasa kaku, dan jantung berdetak lebih kencang. Kemudian muncul perasaan super percaya diri, rileks, dan membuat pengguna seakan-akan merasa sangat hebat. Dampak panjang : di antaranya kerusakan otak, gangguan daya ingat, kerusakan jantung dan hati, sampai depresi. Penggunaan ecstasy meski baru pertama kali juga bisa menyebabkan kematian yang disebabkan pengguna mengalami dehidrasi dan minum sangat banyak dalam waktu singkat, menyebabkan otak kelebihan cairan.

GANJA -> alias : cimeng, marijuana, connabis, baks, pot. Bentuk : serbuk dan kering, biasanya digunakan dalam bentuk lintingan.
Efek : mengubah mood dan mempengaruhi system susunan syaraf dengan memperlambat kerja otak serta menimbulkan halusinasi. Dampak panjang : pengguna ganja beresiko terhadap penyakit bronchitis, kanker paaru-paru, gangguan daya ingat, gangguan menstruasi, sampai merusak system kekebalan tubuh. Ganja mempunyai dampak ua kali lebih berat daripada tar yang dikandung oleh rokok sehingga pengguna ganja juga bisa terkena gangguan pernapasan.

HEROIN -> alias : putau. Bentuk: putih mirip bedak bayi.
Efek : menimbulkan euphoria (rasa senang berlebihan) dan menghilangkan rasa sakit. Dampak panjang : kesulitan bernapas, pembuluh darah pecah, tetanus, menstruasi jadi gak teratur, sampai bisa terkena sembelit. Yang udah kecanduan akan terus meningkatkan dosis pemakaiannya hingga akhirnya menyebabkan overdosis. Penggunaan melalui alat suntik yang dipakai bareng-bareng beresiko menularkan virus HIV/AIDS dan hepatitis.

KOKAIN -> alias : snow, cake. Bentuk : bubuk Kristal putih.
Efek : euphoria, merasa stamina bertambah, dan lebih percaya diri. Tapi efek ini hanya dirasakan sebentar, sekitar 20 menit. Begitu efeknya habis, pengguna bisa merasa capek atau depresi. Dampak panjang : ketergantungan, penurunan nafsu makan, sampai kematian yang disebabkan keracunan akibat dosis tinggi.

SHABU SHABU -> alias : ubas, ice. Bentuk : bubuk Kristal kecil putih.
Efek : pengguna shabu shabu akan mengalami halusinasi. Bahkan si pengguna juga kuat tidak makan dan tidak tidur selama berhari-hari. Dampak panjang : nafsu makan berkurang, paranoid, atau sensitive, merusak otak dan syaraf pengatur pernapasan, tekanan arah meningkat, detak jantung sampai pendarahan otak.
Nah itu dia tadi macam- macam jenis narkotika dan narkoba. Dari situ aja kita udah dapat liat banyak dampak negative yang ditimbulkan, jadi semua pilihan ada di tangan kamu semua kawan. Tapi sebenarnya kalau kita sadar dan sayng pada diri kita dan keluarga, pasti kita tidak akan pernah mau menyentuh barang haram itu. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar